Event
USU Juara Pertama Lomba North Sumatera Innovation Award 2016

Medan, KilasKampus.com – Lomba North Sumatera Innovation Award 2016 yang diselenggarakan Pekan Raya Sumatera Utara mengantar tim Mikro Solar Matic (MSM) USU menjadi juara pertama. Keikutsertaan USU dalam kegiatan ini dalam rangka meramaikan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang dilaksanakan 18 Maret – 18 April 2016 di Medan. Tim MSM Fisika USU menurunkan lima produk inovasi untuk ikut diperlombakan, dan bersaing dengan tim lain dari berbagai perguruan tinggi, tim dari SMA se-Kotamadya Medan, dan tim perwakilan dari kabupaten di Sumatera Utara.

 

Stand tim MSM USU menampilkan lima inovasi teknologi, yakni pendeteksi diabetes melalui napas yang menggunakan sensor pasif dengan sistem mobile, sistem kendali otomatis perangkat elektronika tanpa kabel, pendeteksi kebocoran gas dan isi tabung LPG dengan SMS, sistem penyiraman otomatis tenaga surya menggunakan sensor dari limbah cangkang hewan laut, dan pompa air otomatis tenaga surya. Pendeteksi diabetes yang telah diuji klinis di rumah sakit adalah produk yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung. Setelah melalui penjurian yang ketat, inovasi ini akhirnya terpilih sebagai juara pertama. Trofi langsung diberikan oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si pada saat penutupan (18/4) PRSU 2016 yang disaksikan para walikota dan bupati se-Sumatera Utara, serta dibanjiri banyak pengunjung yang ikut menyaksikan Pekan Raya Sumatera Utara Medan, atau yang lebih dikenal dengan PRSU Medan letaknya di Jl. Gatot Subroto Km. 6 Binjai-Medan. Pekan raya yang baru ditutup, banyak dikunjungi bukan saja oleh masyarakat kota Medan, tetapi masyarakat dari luar kota Medan seperti kota Binjai, Stabat, Kuala, Tanjung Morawa, dan Kisaran. Kemeriahan pekan raaua kali ini, tidak hanya penampilan kesenian dari berbagai daerah yang ada di Sumatera Utara, tetapi juga dimeriahkan oleh artis-artis ibukota Jakarta. 

 

Tim Mikro Solar Matic (MSM) Fisika USU diketuai Dr. Tulus Ikhsan Nasution, dosen di Departemen Fisika FMIPA USU. Dekan FMIPA, Dr. Sutarman bertindak sebagai penasehat tim, dan dibantu oleh Dr. Kerista Sebayang wakil dekan bidang kemahasiswaan. Mahasiswa yang terlibat dalam tim MSM Fisika USU diantaranya, Muhammad Balyan, Darmansyah Dalimunte, Andrian Syahputra, Rica Asrosa, Dara Azdena, Vivi Herika, Khairul Ilham Sutra Pradana, Irfanul Tahir, Faturrahman, Ilfa Husna, Ahmad Wahyudi, Khalida Maulvi, dan Tengku Adetya Nurhaliza. Turut membantu tim ini dari Fakultas Kedokteran USU, dr. Yetty Machrina dan laboran Lab. Fisika, Ridho Rumansyah. 

 

Menurut Dr. Tulus Ikhsan, mereka lakukan penelitian ini di laboratorium terpadu Fisika dengan dana mereka sendiri. “Saya bersyukur karena mahasiswa-mahasiswi Fisika USU memiliki motivasi yang luar biasa dan selalu berinovasi dalam kondisi apapun,” tambah ketua tim MSM Fisika USU. Ia memberi contoh, Rica Asrosa mahasiswi semester empat bersama dengan dr. Yetty Machrina dan dibantu Ridho Rumansyah sangat aktif membantu melakukan pengujian dan pengembangan sensor diabetes. Produk inovasi yang dikembangkan Rica akan dipresentasikan pada International Conference on Advances in Functional Materials di International Centre, Jeju Island, Korea Selatan, 8 – 11 Agustus 2016.

 

Tulus mengibaratkan, produk inovasi para mahasiswanya bagaikan bola salju makin hari makin baik dan terus disempurnakan dengan motto “Better Physics for Better Technology”. “Kemenangan ini bukan semata-mata kemenangan tim MSM Fisika USU, tetapi adalah kemenangan seluruh warga USU dan masyarakat Sumatera Utara,” tambah Tulus. (bd/Humas USU) 

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169