Berita
USU dan Elsevier Gelar Workshop Penulisan Ilmiah dan Publikasi

Medan, KilasKampus – Target USU untuk mencapai 500 publikasi internasional bukan isapan jempol. Untuk mencapai target tersebut USU bekerjasama dengan Elsevier melaksanakan workshop penulisan ilmiah dan publikasi internasional, pada hari Senin (28/3) bertempat di gedung aula Farmasi USU yang dihadiri oleh lebih 400 orang dosen USU yang mendapat hibah penelitian dari Kemenristek dan Dikti. 

Selain membekali dengan soft skill, Rektor USU akan membuat kebijakan untuk dapat mempercepat jumlah publikasi internasional. Kebijakan yang akan dikeluarkan Rektor USU adalah memberi insentif kepada penulis yang dapat mempublikasikan karyanya pada jurnal internasional yang bereputasi, memberi bantuan biaya untuk menghadirkan konferensi internasional bereputasi. Rektor juga akan mendirikan satu unit khusus yang diberi nama Klinik Publikasi Ilmiah (KPI) dimana para dosen akan diberi bantuan untuk mempublikasikan karya ilmiahnya baik berupa asistensi teknis dan bantuan dalam penulisan agar dapat dipublikasi pada jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. “Saya berharap kebijakan ini dapat memberikan percepatan jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh USU,” Ujar Rektor USU, Prof. Runtung, SH, M.Hum. 

Dalam pembukaan workshop tersebut, Rektor menyinggung issu minimnya jumlah publikasi internasional yang dihasilkan USU. Oleh sebab itu, Rektor mencanangkan jumlah publikasi internasional ditargetkan 500 publikasi internasional. Ia mengharapkan bantuan semua civitas akademika USU untuk saling bahu membahu agar target tersebut dapat tercapai. Workshop diikuti oleh seluruh dosen USU, pemaparan materi disampaikan Valerie Teng-Brough berasal dari penerbit Journal Elsevier yang dimoderatori oleh Dr. Eng Himsar Ambarita. 

Dalam pemaparannya, Valerie menjelaskan tahap-tahap yang diperlukan sebelum menulis di sebuah jurnal, cara menggunakan data base sitasi, bagaimana menggunakan bahasa yang tepat pada manuskrip, membangun artikel secara cepat, dan bagaimana tanggungjawab seorang penulis jurnal.

Pada sesi lain workshop, disampaikan oleh Nicholas Pak yang dimoderatori oleh Dr. M. Basyuni. Penjelasan Nicholas tentang bagaimana menentukan jurnal yang cocok untuk dipublikasi, bagaimana menyebarkan karyanya setelah dipublikasi, bagaimana melakukan pelacakan statistik pembaca dan sitasi.

Selesai workshop tim Elsevier diterima Rektor diruang kerjanya di gedung BPA USU. Pada pertemuan tersebut, Rektor menyampaikan harapannya agar tim Elsevier dapat terus bekerjasama dengan USU untuk meningkatkan jumlah publikasi yang dihasilkan oleh USU. Kerjasama ini diharapkan dengan cakupan yang lebih luas lagi dan lebih spesifik seperti memberi konsultasi untuk publikasi internasional dan publikasi prosiding yang dihasilkan dari konferensi internasional yang dilaksanakan USU. Lebih lanjut Rektor mengharapkan, kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas dosen dan meningkatkan akreditasi USU menjadi lebih baik lagi. (bd/humas USU)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169