Berita
Mapala Unand Selenggarakan Climbing Competition Tingkat Pelajar dan Mahasiswa

Padang, KilasKampus.com – Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2 Mei 2016, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Andalas (Unand) menggelar acara kompetisi panjat tebing (climbing competition) Senin (2/5) di lapangan panjat tebing Universitas Andalas Padang. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Unand, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc.

 

Menurut ketua panitia, E. Sucipta kegiatan panjat tebing ini bertujuan untuk mencari atlet-atlet baru dan terbaik, serta menggalakkan olahraga panjat tebing dikalangan mahasiswa dan pelajar di Sumatera Barat. Peserta yang mengikuti kompetisi ini berasal dari mahasiswa dan pelajar di Sumatera Barat diantaranya, Mapala Unand sendiri, Mapala Pagaruyung, MPALH UNP, Mapala Vivo, Sispala Bougenvil, Sispala Campac, dan lain-lain.

 

Lebih lanjut Sucipta mengatakan, sebelumnya Mapala Unand pernah menyelenggarakan panjat tebing diluar kampus seperti Jam Gadang Panjat Tebing Nasional 2003, Sirkuit Panjat Tebing Nasional 2009, serta Sirkuit Panjat Tebing antar Mapala se-Sumbar tahun 2012. Pada tahun ini, kegiatan berlangsung selama tiga hari, 2-4 Mei 2016.

 

Dalam kata sambutannya, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Hermansyah MS. M.Sc mengatakan, panjat tebing merupakan salah satu kegiatan yang sangat popular dikalangan mahasiswa, dan ini terbukti seringnya diadakan perlombaan-perlombaan panjat tebing baik skala daerah maupun nasional, dan bahkan sampai ketingkat internasional. Prof. Hermansah meminta kepada panitia agar dalam pelaksanaan kegiatan ini memperhatikan kesehatan, keamanan dan keselamatan (K3). 

 

Lebih lanjut Sucipta mengatakan, dalam penyelenggaraan kegiatan ini, Mapala Unand menggunakan media yang aman dan nyaman dalam menunjang safety procedure. Saat ini Mapala Unand memiliki sebuah pemanjat dinding (wall climbing)dengan ketinggian 14,8 meter dan lebar 3 meter.

 

 

Dalam kata penutup sambutan, Wakil Rektor tersebut menitip harapan kepada panitia agar selalu memperhatikan keselamatan dan kehati-hatian untuk meminimalisir hal-hal yang tidak dinginkan. “Berikan prestasi dan ukir prestasi untuk Universitas Andalas, dan jadikan Mapala Unand menjadi Mapala yang terbaik, baik tingkat Sumatera Barat maupun se-Indonesia,” tambahnya. (bd/Humas Unand)

 

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169