Kampus UGM Juara Lomba Inovasi Bulan K3 Pertamina
UGM Juara Lomba Inovasi Bulan K3 Pertamina

Cilacap, KilasKampus – Berkat sebuah karya inovasi model pengaturan intensitas cahaya lampu otomatis berbasis sensor cahaya alami, tim peneliti Joss dari Fakultas Teknik UGM meraih juara satu katagori mahasiswa dalam ajang Lomba Inovasi Bulan K3 Perftamina RU IV Cilacap yang diselengarakan 25 Februari 2016. 

Tim dari UGM yang terdiri dari Muhammad Hasan Habib, Handika Putra, dan Irfan Joyokusumo dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi berhasil menyisihkan 24 tim lain yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.  Ketua tim, Muhammad Hasan Habib mengatakan, dari 25 peserta yang mengukiti ajang ini hanya ada delapan besar yang dinyatakan lolos untuk presentasi dalam babak final di Cilacap. Model pengaturan intensitas cahaya lampu otomatis berbasis sensor cahaya alami yang dikembangkan oleh tim diberi nama “Wireless Light Luxs Controller (Wi-LLC)”. Inivasi tersebut dikembangkan untuk mengurangi konsumsi energi listrik dengan memanfaatkan cahaya alami. 

Menurut mereka perlunya dilakukan pengembangan inovasi ini karena sekitar 9 – 20 persen konsumsi energi di Indonesia belum optimal terutama di sector pencahayaan. Handika menimpali, Wi-LLC tersusun dari tiga komponen utama, yakni LED, main controller, dan sensor cahaya wireless. “Model WiLLC ini telah dilirik oleh Pertamina RU IV Cilacap,” tambah Irfan Joyokusumo. Oleh karena itu mereka terus melakukan riset untuk mewujudkan produk WiLLC yang teruji secara laboratorium dan juga berlisensi. “Saat ini kami fokus riset untuk menjadikan produk ini dengan harapan tahun ini bisa terwujud,” tambah Irfan. (bd/RH)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + fourteen =

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169