Kampus
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Mengukuhkan Guru Besar ke-178

Solo, KilasKampus.com – Pagi ini, Kamis (26/5) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan mengukuhkan Prof. Drs. Mugijatna, M.Si., Ph.D sebagai guru besar ke-178 UNS, dan guru besar ke-21 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dalam bidang Ilmu Kajian Budaya dengan fokus Sastra. Acara pengukuhan dilangsungkan di Auditorium UNS dengan pidato pengukuhan yang akan disampaikan berjudul “Representasi Pertarungan Ideologi dalam Sastra”.

Menurut Prof. Mugijatna karya sastra merupakan representasi dari suatu ideologi yang terjadi masa Jawa Klasik periode Jawa Baru, kemudian sastra Inggris pada masa kolonial sampai sastra Indonesia. Pada zaman Jawa Klasik periode Jawa Baru terjadi pertarungan antara ideologi keagamaan “puritanisme” yang terpresentasikan dalam Wulang Reh dengan ideologi keagamaan “kebatinan” Wedhatama.

Dalam Wulang Reh, Pakubuwono IV memberi nasehat untuk berpegang teguh pada syariat, sementara dalam Wedhatama, Mangkunegara IV mencela para pemuda yang menggeluti syariat,” tutur Prof. Mugijatna. Dengan demikian menurut Guru Besar yang pengukuhannya dilaksanakan pagi ini, karya sastra itu selain indah juga bermanfaat karena berisi representasi tinjauan terhadap eksistensi manusia.Prof. Mugijatna adalah dosen program studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya dan juga alumnus UNS Solo 1984 yang menyelesaikan pendidikan Doktoral di Universitas Utara Malaysia 2010 bidang Applied Linguistics. (bd/krjogja.com)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169