Berita
Mahasiswa Indonesia Tak Pernah Berhenti Berinovasi Pada IIMS 2016 Di Jakarta

 

Jakarta, KilasKampus.com – Sejumlah mobil listrik turut meramaikan perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang digelar pada 7 – 17 April 2016 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

Ada delapan mobil listrik karya mahasiswa yang ramah lingkungan tampil pada arena pameran mobil terbesar di Indonesia. Karya-karya mobil listrik yang ditampilkan pada moment ini berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Pasundan, Politeknik Bandung dan Politeknik Negeri Jakarta.

Salah satu perguruan tinggi (PT) yang ikut dalam pameran mobil kali ini, adalah Universitas Pasundan dengan menampilkan mobil listrik yang diberi nama Kujang 193. Menurut Iqbal mobil listrik karyanya bersama teman-teman merupakan mobil listrik generasi ketiga sejak dibuat tahun 2012. “Ini sudah mengalami tiga kali perubahan fisik,” tambah Iqbal. Dibanding sebelum perubahan, mobil ini memiliki kelebihan kemampuan pacu dan kemampuan pengeremannya. Berkat keunggulan tersebut dalam Kompetisi Mobil Listrik VII Se-Indonesia yang diselenggarakan Politeknik Bandung tahun 2013 dan 2015 berhasil meraih juara umum. “Mobil ini hasil karya kolaborasi 20 orang anak-anak mesin,”ungkap Iqbal.  

Sedangkan dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memamerkan mobil andalannya yang diberi nama Warior. Dalam IIMS 2016, PNJ pertama kali tampil dan para mahasiswanya merasa bangga bisa unjuk gigi memperlihatkan hasil karya kehadapan pengunjung pameran mobil terbesar. “Masyarakat bisa melihat sederet hasil karya mahasiswa Indonesia,” kata Imam Akbar, Jumat (8/4) di arena pameran saat berkunjung ke stan PNJ. Lebih lanjut Imam mengatakan, hasil karya anak bangsa berupa mobil listrik hemat energi dan menggunakan energi terbarukan memerlukan dukungan pemerintah dalam mengembangkan teknologi otomotif. Selanjutnya, Imam menuturkan, cita-citanya bersama teman-teman di PNJ ingin menjadikan mobil ini sebagai ikon dari karya anak bangsa yang sudah peduli dan berfikir kedepan, bahwa bahan bakar fosil pada suatu saat akan habis apabila terus menerus digunakan tanpa dicari bahan bakar alternatif seperti mobil listrik yang dikembangkan PNJ. 

Sebelumnya, dalam konferensi pers Selasa (15/3), Bunga Swastika Putri, selaku manager Dyandra Promosindo, Divisi Otomotif mengatakan, “Kami akan hadirkan mobil listrik karya terbaik anak bangsa. Mobil listrik dari beberapa kampus akan dipamerkan.”

Sisi yang menarik dalam pameran mobil ini tampil mobil replika dari Film Mad Max, Fury Road, mobil Batman, dan mobil zaman batu Flinstones berikut dengan rumah batunya. “Untuk mobil Batman didatangkan langsung dari Movie Cars Museum Amerika Serikat,” kata Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, saat persiapan pameran IIMS 2016 di JIExpo, Kemayoran, Rabu (6/4). (bd)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169