Berita MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (UII) YOGYAKARTA TAMPIL LAGI DI IIMS 2016
Mobil Listrik Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Tampil Lagi di IIMS 2016

Jakarta, KilasKampus.com-Pameran otomotif bergengsi akan digelar 7 – 17 April 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Setelah sukses tahun lalu, tahun ini mobil listrik Kaliurang UNISI Generasi II kembali menunjukkan kemampuannya di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mobil bertenaga listrik ini hasil karya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia(UII) Yogyakarta yang tergabung dalam tim Ulil Albab UII. 

Mobil listrik Kaliurang UNISI Generasi II merupakan protipe dari pengembangan mobil listrik sebelumnya yang diberi nama “Force UNISI”. Mobil listrik Kaliurang UNISI Generasi II yang diluncur tahun lalu, sebelum sholat Jumad (11/6/2015) mengundang decak kagum para penonton yang menyaksikannya. Semua instrumen pada mobil tersebut, seperti speedometer, accelerometer, battery indicator, RPM meter, Stopwatch, Odometer, dan perangkat lainnya dalam bentuk aplikasi Android yang “ditanamkan” dalam sebuah tablet Android. 

Tablet Android terpasang pada stir mobil memiliki fungsi kendali dan fungsi lainnya seperti Wifi Bluetooth, sistem komunikasi mobil, internet browser, TV analog, peta, video/voice call, pemutar musik dan video, serta alat permainan. Sehingga, mobil mereka beri julukan mobil listrik entertainment pertama di Indonesia. Mobil ini dapat melaju pada kecepatan 20 km/jam, masa pakai baterai selama empat jam, dan dapat diisi ulang (charger) sekitar 8 -10 jam. Biaya pembuatan yang melibatkan sekitar 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen menghabiskan biaya lebih Rp50 juta.              

Seperti yang dikutip dari www.mobillistrik-uii.blogspot.com (27/11/2015), mobil listrik Kaliurang UNISI Generasi II ini memiliki panjang rangka 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, dan tinggi 1,2 meter. Bodi mobil menggunakan chasis tipe steel space frame yang ramping dan kokoh. 

Tenaga penggeraknya menggunakan baterai tipe GS NS60 12 volt dengan besar arus 45 Ah yang merupakan lithium ion generasi baru yang tahan lama, handal dan ringan. Bobot mobilnya sendiri 140 kg dengan sistem kemudi rack and pinion. Ukuran roda seukuran dengan roda motor metik. Sedangkan mesin penggerak menggunakan motor BLDC@1kWH dan pengerak roda belakang RWD yang menggunakan differential elektronika. Perangkat android memiliki fungsi untuk mengukur kecepatan, rem, navigasi GPS, baterai dan entertainment kendaraan.

Sejak diluncurkan mobil listrik Kaliurang UNISI Generasi II, hasil karya kolaborasi para mahasiswa dan dosen Fakultas Teknologi Industri UII telah mampu menyabet juara pertama dalam dua katagori dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VII di Politeknik Negeri Bandung, Minggu (15/11/2015). Katagori pertama untuk mobil listrik tercepat sebagai juara, dan katagori kedua juara dalam bidang aplikasi teknologi yang digunakan.

Setelah sukses berlaga di IIMS 2015, kembali ikut ajang pameran otomotif bergengsi Indonesia InternationalMotor Show (IIMS) 2016 yang akan digelar 7 – 17 April 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta.(bd/VIVA.Co.Id/Tribunenews.com)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169