Event
Mahasiswa ITB Menangkan Kompetisi BISCO Berkat Baso Sayur

Bandung, KilasKampus-Mahasiswa ITB yang tergabung dalam tim RAN.Co berhasil memenangkan lomba nasional Business Insight Seminar & Competetion (BISCO).Tim RAN.Co mengajukan rencana bisnis kuliner dengan basi sebagai produknya. Baso yang mereka buat diberi nama “Baso Boullets” yang mana dalam baso tersebut diisi dengan jamur dan sayur-sayur hijau, seperti brokoli, sawi hijau dan wortel. 

Tim RAN.Co terdiri dari Ninik Susadi Putri yang berasal dari mahasiswa Manajemen Rekayasa Industri angkatan 2012, Muhammad Arif Wicaksono berasal dari mahasiswa Teknik Industri angkatan 2012, dan Maulidia Khairani mahasiswa Rekayasa Hayati angkatan 2012.

Menurut Ninik, berdasarkan data BPS konsumsi sayuran di Indonesia tergolong rendah dibandingkan dengan konsumsi sayuran masyarakat di negara-negara lain. Oleh karena itu, timnya ingin meningkatkan value dari sayur-sayuran yang dijual dan meningkatkan konsumsi sayur-sayuran oleh masyarakat. BISCO adalah merupakan rangkaian acara yang terdiri dari seminar dan lomba rancangan bisnis (business plan) se-Indonesia. Ajang yang diselenggarakan oleh BEM Magister Manajemen UGM ini diikuti oleh mahasiswa sarjana dari berbagai Universitas di Indonesia.

Lomba ini menyeleksi proposal yang masuk dan terkumpul 16 tim yang akhirnya tereleminir sampai enam tim yang masuk di babak final.Di babak final, peserta mempresentasikan proposalnya dan uji manajemen yang akhirnya perwakilan ITB menorah prestasi sebagai juara ketiga. Ada empat tema yang dipertandingkan di BISCO, yakni Industri Kreatif, Agribisnis, Socialpreneur, dan Technopreneur.Keempat tema yang diperlombakan, tim RAN.Co yang berasal dari perwakilan ITB memilih tema Agrobisnis.

Menurut para juri yang dituturkan Ninik, business plan dari timnya masih dapat dikembangkan lagi. Produk mereka diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat Indonesia mengkonsumsi sayu-sayuran. (bd/itb/ik-ss)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + five =

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169