Kampus
Universitas Andalas Persiapkan Lima Prodi Tembus Akreditasi ASEAN

Padang, KilasKampus – Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sedang mempersiapkan lima program studi yang dapat tembus akreditasi tingkat ASEAN, AUN-QA yakni Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Dokter, Biologi dan Farmasi pada 2016.

“Kelima prodi tersebut telah menyatakan kesediannya untuk mempersiapkan segala dokumen dan infrastruktur yang diperlukan dalam penilaian akreditasi tersebut,” kata Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unand, Ade Djulardi di Padang, Minggu (17/1).

Dia menyebutkan untuk tahap awal, akan dilakukan pendaftaran ke AUN-QA untuk lima prodi tersebut oleh LP3M. Dimana khusus untuk uang pendaftaran tersebut mencapai USD 500 per prodi yang ikut dalam akreditasi tersebut. “Untuk awal ini semua urusan akan dilakukan LP3M , setelahnya bergantung pada persiapan prodi masing-masing,” ucapnya.

Proses AUN-QA ini perlu segera diselesaikan mengingat waktu telah banyak tersita dari saat penetapan prodi tersebut ikut AUN-QA. Namun adanya beberapa persoalan internal menjadikan proses sedikit terhambat. “Dibanding Akreditasi Dikti yang membebankan penilaian, akreditasi AUN-QA ini hanya membutuhkan pengakuan,” katanya.

Menurut Ade, secara teori persiapannya tidaklah seintensif penilaian akreditasi nasional (BAN- PT) karena hanya mempertahankan performa yang telah ada. Ade menambahkan, kelima prodi tersebut telah mendapat akreditasi tertinggi ( akreditasi A), tinggal saja penguatan kualitas dan kemampuan bahasa asing sebagai prioritas untuk ASEAN tersebut. “Bagi Unand AUN-QA ini penting untuk menjadi salah satu indikator raihan PTN berbadan hukum yang telah dimandatkan oleh Dikti,” katanya.

Sementara itu salah seorang mahasiswa Unand, Siti Khairani berharap peningkatan akreditasi Unand sejalan dengan peningkatan kualitas pelayanan. Menurutnya meski memiliki sumber daya dosen dan mahasiswa yang unggul, secara tenaga kependidikan belum terlihat. Hal ini ditandai dengan masih buruknya pelayanan di kampus tersebut. (bd/ful)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169