Kampus
Mahasiswa FH UB belajar pada PT. Perkebunan Dagang dan Gambar

Malang, KilasKampus – Pelaksanaan Studi Ekskursi Mahasiswa Kelas Agraria Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB)  Malang ke PT. Perkebunan Dagang dan Gambar Kabupaten Blitar, Selasa (22/12) berjalan dengan lancar dan sukses.

Rombongan dari Fakultas Hukum terdiri dari dosen Pengajar Hukum Agraria (Prof. Dr. Suhariningsih SH.,SU, Imam Koeswahyono SH.,MH., M, Hamidi Masykur SH.,M.Kn dan Diah Pawestri SH.,MH) beserta 125  mahasiswa FH UB diterima oleh Pimpinan PT.Perkebunan Ric Widodo dan staf.

Pada acara tersebut berlangsung dialog interaktif antara mahasiswa dengan pimpinan dan staf perusahaan. Ric Widodo mengatakan bahwa sangat terganggu dengan anggapan masyarakat bahwa  perkebunan adalah kantong-kantong kemiskinan. Dia menambahkan bahwa perkebunan justru bisa mensejahterakan rakyat.

PT Perkebunan Dagang dan Gambar Kabupaten Blitar telah berhasil melakukan redistribusi lahan yang di kelolanya seluas 212 hektar kepada masyarakat sekitar dengan setiap KK mendapatkan 400 m2. Hal ini membuat masyarakat mendapatkan manfaat dari kehadiran PT Perkebunan tersebut.

Dalam kesempatan dialog tersebut, ada beberapa isu hukum yang diangkat dalam diskusi antara lain sejarah panjang Perkebunan PT. Perkebunan Dagang dan Gambar Kabupaten Blitar, kesenjangan antara dassolen dan dassain (law in book dan law in action) tentang penetapan waktu Hak Guna Usaha (HGU), CSR bagi perusahaan, pengenaan pajak ganda tidak hanya PBB namun juga pajak PPN sebesar 10% pada komoditi hasil perkebunan dan pertanian yang dianggap sangat memberatkan sehingga perlu diusulkan judicial review kepada Mahkamah Konstitusi, dan konflik lahan di area perkebunan dengan  masyarakat sekitar pasca bencana alam seperti gubung meletus, dan banjir.  (bdYolanda)

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 9 =

CONTACT US

[email protected]

Jln. Perumahan Kayu Manis Residence No.D8. Kelurahan Kayu Manis. Kota Bogor 16169